Jumat, 14 November 2008

band emo

Emo itu perkembangan dari musik rock /salah satu genre dari musik rock.

sama seperti punk rock.Bedanya ??? paling lazim untuk membedakan suatu aliran musik ya tentu saja dengan mendengarkan,akan terasa berbeda "suasana"nya dengan aliran musik lain.

Tapi dapat dibedakan pula dari ciri pakaian dan pola musiknya.

Pada musik rock (klasik) banyak mengunakan lead gitar,mulai dari intro ,interlude dan ending.Kemudian pola akornya juga masih mengikuti pola pola musik zaman barok ato romantik (paling terasa jika mendengarkan musik rocck dari band2 Eropa).

Pada musik punk . Pola akor yang digunakan kebanyakan berpola tonika,subdominant,dominant,dan tonika paralel.Sedikit melodi/atau bahkan tidak ada sama sekali melodi.Musiknya kebanyakan mirip ska dan beralur riang.Tapi ciri khas mudik punk rock sendiri sebenarnya lebih kental pada life style dan cara berdandan nya (yang dulu merupakan simbol perlawanan/anti kemampanan).Nah baru berkembang menjadi punk rock,dasarnya sama aja dengan musik punk tapi dengan perubahan pada karakter pola akor,sound dan beat juga riff2 gitar yang lebih rapat.

Kemudian perkembangan rock berkembang lagi munculah musik emo (ini mucul sekitar taun 90 an kalo ga salah,soalnya gitarin yang bantuin Kurt Cobain waktu konser waktu nirvana konser akustik itu gitaris band emo).Beatnya lebih rapat dan cirikhas nya ada pada scream vocalis pada ujung2 lagu dan bagian refferain biasanya vocal bernyanyi tidak melulu scream ato growl seperti musik post-hardcore,dan liriknya lebih ringan,ga berbau pemberontakan kebanyakan.Dan pola ritmik drum banyak mengambil pola punk pada beat rapat dan banyakan menggunakan pola2 arsis pada permainan drumnya.Dan pada masa sekarang musik emo merupakan genre musik rock yang dipakai industri untuk mengatasi kejenuhan pasar pada era musik nu-metal (jaman2nya limbizkit,Slipknot,Korn etc) untuk memunculkan kembali era guitar hero seperti pada tahun 80-an,tandanya lagu2 sekarang sudah mulai memakai lead guitar lagi,seperti Ax7,Slipknot yang merubah warna musiknya di Album All hope is gone,dan masih banyak lagi .... (ini kaitannya sama siklus 20 tahunan dalam musik).

Tidak ada komentar: